Senin, 07 April 2014

Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari sebuah grup perusahaan terdiri dari induk perusahaan dan satu atau lebih anak perusahaan yang seolah-olah sebagai satu perusahaan.

Tujuan laporan Keuangan Konsolidasi
Memberikan gambaran yang obyektif dan sesuai keseluruhan posisi dan aktivitas dari suatu perusahaan yang terdiri atas sejumlah perusahaan, dimana laporan tersebut tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang berkepentingan.

Manfaat laporan keuangan konsolidasi
  • Memberikan gambaran yang jelas tentang total sumber daya perusahaan hasil gabungan dibawah induk peusahaan.
  • Memberikan informasi bagi manajemen induk perusahaan, baik mengenai operasi gabungan dari entitas konsolidasi dan mengenai perusahaan individual yang membentuk entitas konsolidasi.
Prosedur dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi
  1. Mengeliminasi rekening nilai jurnal timbal balik yang dicatat oleh kedua belah pihak pada suatu transaksi yang sama.
  2. Menyusun kertas kerja.
Sifat - sifat laporan keuangan yang dikonsolidasikan
  1. Laporan keuangan konsolidasi merupakan model pelaporan akuntansi menunjukkan pengaruh ekonomi dari penggabungan dua atau lebih perusahaan yang tersendiri.
  2. Dalam penyusunan neraca konsolidasi untuk perusahaan induk dan anak, perusahaan anak akan dipandang sebagai cabang, aktiva dan kewajiban masing - masing perusahaan anak digabungkan dengan aktiva dan kewajiban perusahaan induk.
  3. Neraca perusahaan induk yang melaporkan saham perusahaan anak sebagai investasi, dan neraca perusahaan anak yang melaporkan kepentingan yang dipegang oleh perusahaan induk sebagai modal saham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar