Selasa, 05 November 2013

TUGAS 02 SIM (KELOMPOK 1)


FUNGSI HARDWARE SEBAGAI ALAT INPUT

            Perangkat keras komputer atau hardware adalah perangkat pada komputer yang berbentuk fisik (dapat disentuh). Perangkat komputer sendiri dibedakan menjadi dua yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (softskill). Harware sendiri berfungsi dengan baik dikarenakan adanya software sebagai sistem yang menjalankanya. Berikut ini pengelompokan perangkat keras komputer:
  • Input Device                         : Perangkat input / masukan
  • Process Device                     : Perangkat yang menjalankan proses sistem komputer
  • Output Device                      : Perangkat output keluaran menghubungkan sistem keluar
  • Storage Device                     : Perangkat untuk menyimpan
  • Communication Device         : Perangkat untuk komunikasi
Berikut ini adalah penjelasan untuk salah satu pengelompokan hardware:

INPUT DEVICE

            Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah maupun koneksi ke dalam sistem komputer untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor agar dapat diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan computer. Data yang dimasukkan ke dalam system computer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Sign input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam system computer, sedangkan maintenance input terbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

Berdasarkan sifatnya, peralatan input ini terdiri dari beberapa macam- macam piranti input, yaitu:



  • Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan computer. keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah - perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file dan membuka file.
Tombol - tombol suatu keyboard umumnya dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian :
1. Typewriter key berfungsi sama seperti mesin ketik. Contoh : Tombol tabs, caps lock , enter , dll.
2. Numeric key berfungsi untuk menulis angka.
3. Function key memiliki fungsi yang berbeda - beda seperti F1 untuk menampilkan menu help ,dll.
4. Special key termasuk tombol Ctrl, Alt, shift dengan tombol lain. contoh : Ctrl C + c untuk copy.
  • Mouse 
Mouse digunakan untuk mengatur perpindahan kursor, memberi perintah secara praktisi. Setiap kita menggerakkan mouse di layar monitor selalu tampak sebuah pointer (penunjuk mouse ) yang ikut bergerak. Arah gerak pointor di monitor selalu sesuai dengan arah gerakkan mouse, sedangkan bentuk tampilan porter di monitor selain tergantung objek yang ditunjukkan di layar juga tergantung setting yang kita tentukan.
  • Light Pen
    
light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesign gambar dengan screen (monitor) . Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris perdetik.

  • Touchpad

 Touchpad berfungsi layaknya mouse , touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop dan notebook , yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad , model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
  • Joystick dan Games Paddle

alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joystick biasanya berbentuk tongkat , sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol - tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
  • Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan  melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (lembar jawaban komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunakan pensil 2 B , tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.  
  • Kamera Digital 


Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dan kamera - kamera ini dinamakan dengan kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner . Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudian dan kepraktisan alat inni sebagai membantu banyak kegiatan dan pekerjaan . Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamrea digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenism mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekam gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

  • Mikrofon dan Handphone 

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukan suara yang akan disimpan dalam memori komputer alat untuk mendengarkan suara. Dengan mikrofon , kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting. Penggunaan mikrofon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

  • Graphics pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan rumah, mesin monil, dan pesawat dengan mnggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan inpt masukan untuk menggambar objek pada monitor.  Graphics pads yang digunakan mmpunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan trsebut terdapat pembukaan membrane sensitif sentuhan (touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi kordinat X-Y . Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh (touch sensitif pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
  • Handy Cam
unit masukan ini berfungsi untuk merekam gambar yang akan dtampilkan ke layar monitor untuk diproses lebih lanjut.


  • Track ball
Unit masukan ini berfungsi untuk menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar. 



SUMBER           : 
  • http : // www.mint.web.id/2013/perangkat - keras-komputer-html
  • http://fiyanforever.blogspot.com
  • http://octavianpratama.wordpress.com/2009/10/alat-alatoutput-pemroses-beserta-contohnya/
  • http://top-ilmu.blogs[ot.com/2012/09/macam - macam - alat-input-komputer,html
  • http://sweetestplace.wordpess.com/2013/09/18/alat input-output-dan-proses-komputer/

1 komentar:

  1. Gambling for beginners - Dr.MCD
    Gambling is a 익산 출장안마 strategy which leads to 영천 출장마사지 the 아산 출장안마 success of winning at casinos. Gambling as opposed to 고양 출장샵 real money is 제주도 출장샵 a skill and discipline that can be

    BalasHapus