Kamis, 19 Desember 2013

TEKNOLOGI JARINGAN TELEKOMUNIKASI

    Pengguna sarana telekomunikasi saat ini menjadi sangat dominan dalam kehdupan sehari -hari maupun dalam dunia bisnis. Perusahaan tanpa memiliki fasilitas telekomunikasi akan mengalami kesulitan dalam mengirimkan data dari satu lokasi ke lokasi lain. Kesulitan dalam mengirimkan data ini akan mengakibatkan kesulitan dalam mengolah data menjadi informasi sehingga pada akhirnya akan menyulitkan pula bagi manajemen suatu  perusahaan dalam mengambil keputusan. 
    Jaringan telekomunikasi saat ini menghubungkan beberapa daratan dan lautan untuk memindahkan data dalam jumlah besar. Esens dari telekomunikasi adalah pengurangan waktu dan ruang. Dengan satelit komunikasi dua lokasi yang sangat jauh berbeda dapat dihubungkan dalam sekejap. Suatu perusahaan yang ingin mengirimkan data ke cabangnya yang berjarak 1000 mil atau lebih perlakuannya tidak jauh berbeda dengan mengirimkan data sejauh 100 mil.
    Akses terhadap data disuatu lokasi tidak lagi bergantung pada di mana lokasi tersebut berada. Saat in komunikasi satelit menggantikan saluan telekomnikasi kabel dan erat optik. Kelihatannya strategi telekomunikasi dan jaringan merupakan kunci sukses dalam membangun sistem informasi akuntansi yang andal. 
     Sistem informasi akuntansi suatu perusahaan saat ini sangat bergantung sekali pada telekomunikasi seperti pengolahan data secara online.

A. Lingkungan Teknologi Jaringan Telekomunikasi

      Telekomunikasi atau komunikasi data dapat didefinisikan sebagai pengguna media eektronik atau cahaya untuk memindahkan data atau informasi dari satu lokasi ke satu atau beberapa lokasi lain yang berbeda. Dunia saat ini berada pada pertengahan era revolusi telekomunikasi yang memiliki dua komponen yaitu : Perubahan yang sangat cepat dalam teknologi komunikasi dan sama pentingnya perubahan dalam kepemilikan, kendali atau kontrol dan pemasaran layanan telekomunikasi.
      Seorang manajer harus memiliki kemampuan dalam memahami kemampuan, biaya dan keuntungan dari berbagai alternatif teknologi teekomunikasi dan bagaimana untu memaksimalkan manfaat dari penggunaan teknologi tersebut bagi perusahaan.

B. Komponen Teknologi Jaringan Telekomunikasi

     Sistem telekomunikasi merupakan kumpulan hardware dan software yang sesuai (compatible) yang disusun untuk mengomunikasikan berbagai macam inormasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Sistem telekomunikasi saat ini bisa mengirimkan informasi dalam bentuk teks, image, suara, maupun dalam bentuk video. Suatu perusahaan layanan telekomunikasi biasanya memberikan biaya yang berbeda untuk setiap layanan fasilitas layanan informasi yang diberikan. Demikian juga mengenai hardware dan software yang digunakan akan berbeda, bergantung pada jenis informasi yang akan dikiriman.


  1. Komponen Sistem Telekomunikasi 


  • komputer (host) untuk mengolah informasi.
  • Terminal yang memantau peralatan input/output untuk mengirim dan menerima data.
  • Saluran komunikasi (kabel,telepon,udara)
  • Software komunikasi yang mengontrol aktivas input, output, dan mengelola fungsi lainnya dalam jaringan komunikasi.
     2.  Fungsi Sistem Telekomunikasi
 
         Fungsi dari sistem telekomunikasi adalah untuk mengirim dan menerima data dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Sistem telekomunikasi harus melakukan beberapa fungsi yang terpisah yang tidak kelihatan oleh orang yang menggunakannya. 

     3.  Protocol
        Komunikasi  dalam satu atau beberapa jaringan dapat dibayangkan sebagai komunikasi yang terjadi pada saat adanya pertemuan antara dua atau lebih rombongan dari negara yang berbeda bahasanya dan mereka tidak dapat berkomunikasi satu sama lain. Agar mereka dapat berkonunikasi maka perlu digunakan penerjemah yang bisa memahami maksud dar pihak - pihak yang berkomunikasi.
            Jaringan telekomunikasi bisa berjalan bila memiliki hardware dan software yang sesuai ( cocok satu sama lain) sehingga bisa bekerja sama untuk mengirimkan infomasi. Agar komponen sistem jaringan yang berbeda dapat berhubungan satu sama lain maka perlu adanya aturan - aturan yang bisa disepakati bersama untuk menjembatani perbedaan - perbedaan yang ada. 
             Fungsi dasar protocol dalam suatu jaringan telekomunikasi beberapa diantaranya adalah untuk mengdentifikasi setiap komponen yang menjadi bagian dari sistem jaringan telekomunikasi tersebut, mengecek formatnya, memeriksa kebenaran dari data yang dikirim, menentukan apakah data perlu dikirm kembali bila tidak lengkap, atau ada kesalahan, dan untuk melakukan perbaikan apabila terjadi kesalahan.  

      4.   Jenis - Jenis Sinyal
        Informasi bergerak melalui sistem telekomunikasi dalam bentuk sinyal elektromagnetik. Ada dua macam sinyal, yaitu sinyal analog dan sinyal digital. Sinyal analog adalah sinyal yang berbentuk gelmbang, sedangkan sinyal digital adalah sinyal yang memiliki bentuk berlawanan. Sinyal digital ini mengirmkan data dalam dua bentuk berlainan, yaitu 1 dan 0, di mana 1 menunjukkan 'on' dan 0 menunjukkan 'off' sepert pada peralatan elektronk umumnya. 
               Kebanyakan komputer berkomunikasi dengan menggunakan sinyal digtal sedangkan telepon yang biasa digunakan masih menggunakan sinyal analog. 

      5.   Jenis - Jenis Saluran Komunikasi
         Saluran komunikas berfungsi sebagai saluran dimana data dikirimkan dari satu bagian ke bagian lainnya. Saluran dapat menggunakan berbagai macam media telekomunikasi seperti kabel listrik biasa, kabel koaksikal, serat optic, gelombang mikro, satelit dan transmisi jarak jauh.
        6.   Karakteristik Saluran Komunikasi 
      Karakteristik saluran komunikasi membantu efisiensi dan kemampuan sistem telekomunikasi. Karakteristik ini termasuk kecepatan pengiriman data, dan mode pengiriman , arah pengiriman.
  • Kecepatan Pengiriman 
          Jumlah total data atau informasi yang dapat dikirimkan melalui saluran komunikasi diukur dengan bits per detik (BPS). Lebar frekuensi yang dapat ditampung pada saluran komunikasi dikenal dengan bandwith. Makin besar bandwith makin besar jumlah data yang dapat ditampung.
  • Mode Pengiriman  
  • Arah Pengiriman Data
          Ada tiga arah pengiriman data, simplex, half-duplex, dan full duplex.

C. Topologi Jaringan Telekomunikasi
     Network topology adalah bentuk atau konfigurasi dari sistem jaringan. Ada empat topologi yang umum digunakan yaitu : Star network, Ring network, Hybird network. 

D. Penggunaan Jaringan Telekomunikasi 
     Telekomunikasi telah menolong persoalan yang disebabkan oleh masalah geografi dan waktu sehingga memungkinkan oganisasi untuk mempercepat produksi dan pengambilan keputusan tentang produk baru misalnya atau masuk ke pasar bar serta menciptakan hubungan baru dengan pelanggan dan supplier.


SUMBER :  Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 

1 komentar:

  1. bagus sekali artikel tentang TEKNOLOGI JARINGAN TELEKOMUNIKASI , kalau bisa diberi gambar agar lebih baik artikelnya

    BalasHapus